Skip to main content
Polisi yang Amankan Saipul Jamil Bersama Astisten Diduga Langgar Prosedur, Kini Dibebastugaskan

Polisi yang Amankan Saipul Jamil Bersama Astisten Diduga Langgar Prosedur, Kini Dibebastugaskan


Diduga melanggar prosedur, polisi yang menangkap pedangdut Saipul Jamil bersama sistennya diperiksa Profesi dan Pengamanan (Propam) hingga dibebastugaskan.

Belum lama ini viral beredar video penangkapan Saipul Jamil bersama asistennya di tepi jalan raya dekat Halte Transjakarta Jelambar, Jakarta Barat.

Dalam peristiwa yang terjadi Jumat (5/1/2024) Saipul Jamil terlihat bersimpuh pada aparat kepolisian yang hendak menggunakannya.

Usut punya usut, penangkapan itu terjadi lantaran Saipul jamil diduga memiliki keterkaitan dengan kasus narkoba.

Namun setelah menjalani dua kali pemeriksaan Saipul Jamil pun dinyatakan negatif dari jerat barang haram tersebut.

Buntut dari hal tersebut, kabarnya anggota polisi yang melakukan penangkapan terhadap Saipul Jamil itu kini dibebastugaskan.

Salah satu polisi tersebut diketahui berdinas di Unit Narkoba Polsek Tambora.

Informasi tersebut diketahui dari keterangan tertulis yang diberikan oleh Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M Syahduddi.

Hal itu terjadi lantaran polisi yang melakukan penangkapan pada mantan suami Dewi Perssik tersebut diduga melakukan pelanggaran prosedur dalam tindakan yang dilakukannya pada Saipul Jamil.

"Ketika ada indikasi pelanggaran prosedur dalam tindakannya, maka kami tidak akan segan-segan memberikan punishment kepada setiap anggota yang melanggar," papar Kombes M Syahduddi.

Tak hanya itu anggota yang melakukan penangkapan terhadap Saipul Jamil itu kabarnya telah diperiksa Propam terkait hal tersebut.

"Kami menjamin pemeriksaan Propam terhadap anggota yang terlibat dalam penangkapan tersebut berjalan dengan objektif dan bisa memberikan rasa keadilan bagi semua pihak," lanjutnya.

Diwartakan sebelumnya, Saipul Jamil mengaku tak pernah menggunakan narkoba.

Hal itu ia sampaikan dalam video bincang-bincang bersama Melaney Ricardo.

"Jauh Mel (dari narkoba), nggak ada gue kayak gitu. Lu percaya gue kan?" kata Saipul Jamil.

Lantaran tidak terbukti menggunakan barang haram tersebut, Saipul Jamil pun membeberkan kronologi saat ia dibebaskan oleh pihak kepolisian.

"Kalau dia positif berarti lanjut perkara ini, tapi kalau enggak ya dipulangkan," terangnya.

"Ya alhamdulilahnya sampai detik ini gue nggak pernah sentuh barang haram itu," ujarnya memberi penegasan lagi.

Dalam kesempatan itu mantan suami pelantun lagu Mimpi Manis tersebut juga menceritakan momen saat ia menjalani serangkaian tes untuk membuktikan bahwa ia benar-benar tidak menggunakan narkoba.


"Negatif, pertama dari urine kan, urine itu paling cepet kan bisa kelihatan itu dia pemakai atau tidak, ternyata dari urine negatif," jelas Saipul.

Alih-alih cukup setelah tes urine dinyatakan negatif, pedangdut 43 tahun itu nyatanya harus melakukan tes lagi untuk memastikan bahwa ia benar-benar negatif terpapar narkoba.

"Sepertinya pihak kepolisian masih penasaran, diambil lagi nih sampel-sampel contohnya rambut, (kalau rambut bisa mendeteksi narkoba) satu bulan, dua bulan, tiga bulan bisa, selama rambut kita masih panjang bisa kelihatan itu kalau kita adalah pemakai," lanjutnya.

Sama seperti hasil tes yang pertama, pria yang akrab disapa Bang Ipul itu pun kembali dinyatakan negatif.


"Akhirnya tes rambut lagi, ya hasilnya bener-bener negatif, emang kagak (makai), kagak pernah (nyentuh yang namanya narkoba), kagak doyan," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, dalam penangkapan tersebut polisi menargetkan asisten pribadi sekaligus sopir Saipul Jamil yang bernama Steven.

Namun saat penangkapan tersebut terjadi, Steven tengah bersama Saipul Jamil.