Skip to main content
Pangeran Abdul Mateen Sah Nikahi Anisha Rosnah, Ijab Kabul Lancar dalam Sekali Ucap

Pangeran Abdul Mateen Sah Nikahi Anisha Rosnah, Ijab Kabul Lancar dalam Sekali Ucap

Pangeran Abdul Mateen sah melepas masa lajang dan memiliki status baru sebagai suami Anisha Rosnah. Ijab kabul mereka dilaksanakan hari ini, Kamis (11/1/2024) di Masjid Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan.

Dilansir dari media Brunei Darussalam, Media Permata, ijab kabul berjalan lancar dengan sekali ucap.

Dalam foto-foto yang beredar, Pangeran Abdul Mateen mengenakan pakaian nikah tradisional putih-putih. Ia duduk di atas bantalan kuning, dan duduk di depan penghulu. Sementara sang ayah, Sultan Hassanal Bokiah, duduk dari agak jauh darinya dengan pakaian berwarna kuning, menyaksikan dengan serius.

Dilansir dari kanal Lifestyle Liputan6.com, hal tersebut juga diunggah oleh akun @tmski.updates "Prince Mateen and Dayang Anisha Rosnah are a married couple today. Alhamdulillah. Allah Peliharakan Pengantin Diraja ♥️(Pangeran Mateen dan Dayang Anisha Rosnah sudah resmi menikah hari ini. Alhamdulillah Allah menjaga Pengantin Diraja.”

"Saya terima nikahnya dengan mahar 1.000 ringgit tunai," ucapnya sembari menjabat tangan. Bila dirupiahkan, mahar itu nilainya setara dengan Rp11,725 juta.

Berlangsung 10 Hari


Seperti diketahui, rangkaian acara pernikahan Pangeran Abdul Mateen berlangsung selama 10 hari, dimulai pada 7 Januari lalu.

Proses lamaran sendiri, berlangsung pada 9 Januari lalu. Dilansir dari Borneo Bulletin, lamaran ini digelar di Istana Nurul Iman, terdiri dari prosesi Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja, Pertunangan Diraja, dan Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja.

Daftar Hantaran

Dalam lamaran, delegasi Pangeran Abdul Mateen datang dengan awang-awang yang membawa sejumlah baki berisi hantaran dan hadiah kepada Anisha Rosnah. Salah satu isinya, surat mahar, berisi tulisan yang menyatakan keinginan sang pengantin pria untuk melamar.

Dalam baki-baki ini juga diletakkan berian—atau hadiah lamaran—seperti sepasang gaun, gelang, anting-anting, dua cincin, ceramai, kelakati, dan pisau.

Dibawa pula 16 dian—lilin seremoni Kerajaan—dan aksesori kebesaran seperti sinipit, pedang dan tombak, tumbak benderangan, kabok, dan panastan.

Rangkaian Acara hingga 16 Januari 2024

Tiga hari setelahnya, 14 Januari, resepsi pernikahan akan digelar. Kanal Lifestyle Liputan6.com melansir dari The Scoop, acara ini disebut Majlis Bersanding Pengantin Diraja, dan digelar di Istana Nurul Iman. Dalam momen ini pula para tamu undangan dari seluruh dunia akan hadir.

Pada hari yang sama, parade akan digelar di Bandar Seri Begawan. Royal Wedding ini secara resmi akan berahir pada 16 Januari 2024.